Banner

Generator ID

Translater Flag

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Translater

Halaman

Maintenance dan Update

Assalamualaikum wr. wb.

Bagi para pengunjung blog ini..! Mampir dan kunjungilah blog ini terus setiap hari. Karena insya Allah kalau saya libur dan kalau saya dirumah saya akan mengupdate terus isi postingan dan tampilan dari blog ini. Dan Jangan lupa ajak teman dan saudara kalian untuk mampir juga ya..! Biar mereka tidak berada dalam jalan kesesatan (biar menuntun di belakang Al Qur'an dan Hadist). Kan kewajiban kita sebagai orang islam harus saling memberitahu / mengingatkan, Jika yang di ingatkan dan diberitahu tidak mau mendengarkan tidak papa. Yang penting kewajiban kita untuk mengingatkan dan memberitahu sudah dilaksanakan.

OKE, JANGAN LUPA KRITIK DAN SARAN TENTANG BLOG INI YA TMN..!
Dan ingat jangan melakukan spam / melakukan hal-hal yang merugikan orang lain. Thanks atas Perhatiannya..!

Wassalamualaikum wr. wb

Any Question..?

Jika anda ada pertanyaan seputar hukum-hukum, dan penjelasan seputar islam. Kalau gak kritik dan saran tentang blog ini. Anda bisa berkonsultasi dengan saya langsung (Ahmad Fajar Abror) via :

E-Mail : ahmadfajarabror19@yahoo.com

Phone : 085 801 207 617 (only WA)

FB : Ahmad Fajar Abror

Jangan lupa follow twitter aku : @AFAbror

Instagram : @ahmadfajarabror

Jika tidak, anda bisa menggunakan Yahoo Messenger. Yang saya beri di icon "Chatting".

Sabtu, 03 Agustus 2013

Shalat

Assalamualaikum wr.wb                   
 Bagi anda yang merasa dirinya Muallaf (Orang yang baru masuk islam). Dan belum terlalu mengerti tentang Shalat. Anda bisa membaca pengertian, Cara mengerjakan, Beserta dalil-dalilnya disini. Karena mengerjakan amal perbuatan itu bukan hanya sekedar meniru-niru (meniru / mengikuti orang tua / orang terdahulu kita) tapi juga harus mengerti dan tahu apa dalil dan hadistnya, Meskipun tidak hafal, tapi paling tidak tahu dan pernah dengar dalil / hadistnya. 
 A. Pengertian Shalat
      Menurut dhahirnya yang dinamakan shalat itu adalah segala perbuatan, bacaan-bacaan, do'a-do'a yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam, yang semuanya tadi di 'ibadatkan kepada Allah, menurut syarat-syarat dan cara-cara yang telah ditentukan. Tiap-tiap muslim, laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh diwajibkan mengerjakan shalat sehari semalam lima waktu, yaitu: Subuh, dhuhur, ashar, maghrib, isya'.

B. Cara mengerjakan Shalat

   1. QIYAM
yaitu berdiri tegak menghadap kiblat (masjidil haram / makkah)
وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلٌ وَجْهَكَ شَطْرَالْمَسْجِدِالْحَرَام

Artinya : "Dan dimana saja kamu berada, hadapkanlah wajahmu (dikala shalat) ke arah Masjidil Haram (Qiblat)." 
(Q.S. Al Baqarah : 150)

KITA BOLEH SHALAT DENGAN DUDUK / BERBARING DALAM KONDISI TERTENTU
Sabda Nabi SAW

عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رَضِ يَ اللهُ عَنْهُ قالَ : كَانَتْ بِى بَوَاسِيْرُفَسَاَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الصَّلَاةِ فَقَالَ: صَلِّ قَاءِماًفَاِنْ لَمْ تَسْتَتِعْ فَقَاعِدًافَاِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ 

Artinya : " Dari imran bin hushain RA, ia berkata : Adalah aku menderita ambeyen, lalu aku bertanya kepada Nabi SAW bagaimana cara shalat. Maka beliau SAW bersabda, "Shalatlah dengan berdiri, jika tidak dapat maka shalatlah dengan duduk, dan kalau tidak dapat, maka shalatlah dengan berbaring." (H.R. Al Jama'ah kecuali Muslim, dan lafadh ini bagi Al Bukhari)

2. TAKBIRATUL IKHRAM (Takbir Untuk memulai shalat)
Wajibnya memulai shalat dengan takbir dan mengangkat tangan dan bersedekap 

اَللهُ اَكْبَرْ
"Allah Maha Besar"

3. Membaca Do'a Iftitah 
Ada 3 bacaan do'a iftitah, tapi kali ini saya akan menuliskan bacaan do'a iftitah yang menurut saya paling pendek

اَللهُ اَكْبَرْكَبِيْرََاوالْحَمْدُللهِ كَثِيْرًاوَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلَا
Artinya : "Allah Maha Besar dari segala yang besar, segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya, dan Maha Suci Allah di waktu pagi dan petang."

4. Membaca Ta'awudz

اَعُوْذُبِااللهِ مِنَ الشَّيْطَانِالرَّجِيْمِ 
"Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaithan yang terkutuk."

5. Membaca Basmalah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ  
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang."

6. Membaca Alfatihah
Dalil Pelaksanaan

لَا صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَاءْ بِفاَتِحَةِالْكِتاَبِ   
"Tidak sah shalat bagi orang yang tidak membaca Al Fatihah." (H.R. Al Bukhari dan Muslim)

7. Membaca Amin

آمِيْنَ
"Ya Allah, kabulkanlah permohonan kami."

8. Membaca Surat / Ayat-ayat Al Qur'an
Pada waktu ini dituntunkan untuk membaca surat-surat yang terdapat dalam Al Qur'an / penggalan ayat-ayat Al Qur'an yang mudah

9. Ruku'

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ رَبّنَا وَبِحَمْدِكَ اللَّهُمَّ اغْفِرْلِى
"Maha suci Engkau ya Allah ya Tuhan Kami, dan dengan memuji-Mu, ya Allah ampunilah aku.

10. I'tidal

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ . رَبَّنَ وَلَكَ الْحَمْدُ 
"Semoga Allah mendengar bagi orang yang memuji-Nya. Ya Tuhan kami, dan bagi-Mulah segala puji."


11. Sujud 

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ اللَّهُمَّ اغْفِرْلِى
"Maha Suci Engkau Ya Allah ya tuhan kami, dan dengan memuji-Mu, ya Allah ampunilah aku."

12. Duduk diantara 2 sujud
 
رَبِّ اغْفِرْلِى , رَبِّ اغْفِرْلِى
"Ya tuhanku, ampunilah aku, Ya tuhanku, ampunilah aku."

13. Sujud yang kedua dan wajib thuma'ninah pada setiap sujud, ruku', dan bangkit dari keduanya. 

14. Bangun dari rekaat kedua

15. Memulai rekaat kedua dengan Al Fatihah

16. Duduk at-thahiyyat awwal dan dalil isyarat dengan telunjuk

17. Membaca Tasyahud

التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَصَّلَوَاتُ وَلطَّيِّبَاتُ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَاالنَّبِيُّ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، اَشْهَدُاَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدََاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُه  
"Segala kehormatan, segala berkah, segala ibadah dan segala yang baik-baik itu kepunyaan Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepada-mu wahai nabi, dan begitu pula rahmat Allah dan berkah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang shalih-shalih. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada tuhan (yang sebenarnya) melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad SAW itu utusan Allah."

18. Membaca Shalawat

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَدٍ وَعَلَ الِ مُحَمَدٍ كَمَاصَلَّيْتَ عَلَى الِ اِبْرَاهِيْمَ، فِى الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌمَجِيْدٌ  
"Ya Allah, berilah shalawat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada keluarga Nabi Ibrahim. Dan berilahh berkah kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana engkau telah memberi berkah kepada Nai Ibrahim. Di dalam semesta alam ini, sesungguhnya Engkau-Lah Yang Maha Terpuji lagi Maha Mulia."

 19. Duduk At-Thahiyyat akhir

اللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِوَمِنْ عَذَبِ النَّارِ، وَمِنْ فِتْنَةِالْمَحْيَاوَالْمَمَاتْ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ 
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, dari siksa neraka, dari fitnah hidup dan mati dan dari fitnah maslihid dajjaal  (perusak yang menghabiskan kebaikan)."

20. Salam

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَاتُه
"Mudah-mudahan Allah mencurahkan keselamatan atas kalian dan begitu pula rahmat dan berkah-Nya."

KETERANGAN : 
Apabila shalat yang dilakukan mempunyai dua at-thahiyyat (seperti maghrib, isya', dhuhur, dan asyar) maka setelah at-thahiyyat awwal (membaca tasyahhud dan shalawat, kemudian berdiri dengan mengangkat tangan sambil membaca takbir untuk rekaat yang ketiga.
Kemudian setelah sampai pada at-thahiyyat akhir (membaca tasyahhud, shalawat, dan do'a) lalu salam.

C. Dzikir sesudah shalat

اَسْتَغْفِرُاللهَ اَسْتَغْفِرُاللهَ اَسْتَغْفِرُاللهَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اسَّلَامُ، وَمِنْكَ السَلَامُ، تَبَارَكْتَ يَاذَالْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ
    "Aku mohon ampunan kepada Allah 3X. Ya Allah, Engkau Maha Selamat, dan dari Engkaulah datangnya keselamatan. Engkau Maha Berkah, Wahai Tuhan yang agung lagi Maha Mulia."

LALU

  لَااِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَعَلَى كُلِّ شَيْءٍقَدِيْرٌ
"Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bgi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan bagi-Nya segala puji dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."


*Mungkin Hanya ini yang bisa saya sampaikan di Bab SHALAT. Insya allah, lain waktu saya akan menambahkan postingan lagi seputar ilmu islam / umum, info unik dan menarik, dll. Jika anda ada pertanyaan / kritik dan saran bisa ditulis di komentar. Tapi ingat..! Jangan Spam / hal-hal yang merugikan orang lain. Jangan lupa ajak teman-teman kamu untuk mampir juga ya...! Thanks. Wassalamualaikum wr.wb.
 
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemasangan Iklan / Sponsor

Jika anda akan memasang produk/jasa anda bisa dengan cara berikut: 1.Menghubungi saya di HP.085801207617/E- Mail:ahmadfajarabror19@yahoo.com 2.Memberitahu dan kalau perlu memberi alamat blog/web tentang produk anda dan logonya (Kalau ada). <.>Sponsor dibagi menjadi 2 macam,yaitu: >>.Sponsor Emas >>.Sponsor Perak 3.Membayar biaya pemasangan sponsor sebesar >.Sponsor Perak- Rp.150.000/6bulan pertama - Rp.250.000/bulan berikutnya. >.Sponsor Emas-Rp.350.000/tahun pertama - Rp.450.000/tahun berikutnya. <<.>>UANG BISA DIKIRIM VIA : 1.Bertemu saya langsung dan membayarnya kepada saya. 2.Pulsa HP. dengan nomor tujuan 085728935393 <>Terima Kasih atas perhatiannya dan semoga bisnis anda lebih maju,Jika anda memberi sponsor di Blog kami ini.

Pembuatan Web / Blog

<<|.|>>Jika anda akan menyuruh kami membuatkan blog untuk produk anda, Dengan cara sebagai berikut: 1.Menghubungi saya di HP.+6285728935393/E- Mail:gates1077@yahoo.com 2.Memberitahu dan kalau perlu memberi alamat blog/web tentang produk anda dan apa saja yang harus kami tulis di blog/web anda. 3.Jika blog/web anda sudah selesai kami buat,kami akan memberitahu anda tentang informasi - informasi yang penting untuk blog/web anda baik via HP/E-Mail. >>.Anda harus memberitahu kami tentang data diri anda,seperti: 1.Nama 2.E-Mail 3.Username untuk blog anda (terserah) 4.Password untuk blog anda 5.Tanggal lahir 6.Jenis Kelamin 7.Nomer telepon 8.Negara anda. <<.Biaya pembuatan sebesar Rp.350.000-Rp.500.000 (tergantung tingkat kesulitan cara membuatnya).>> <<.>>UANG BISA DIKIRIM VIA : 1.Bertemu saya langsung dan membayarnya kepada saya. 2.Pulsa HP. dengan nomor tujuan 085728935393 <>Terima Kasih atas perhatiannya dan semoga bisnis anda lebih maju,Jika anda menyuruh kami untuk membuatkan blog/web anda.

Share Button